Kompetensi Guru

Bagi seorang guru  harus bisa mempunyai  sebuah kompetensi. Kompetensi itu sendiri ada 4 yaitu:

  1. Kompetensi personal

Yaitu kemampuan yang berkaitan dengan sifat kepribadian yang harus dimiliki oleh guru  yang sesuai/ cocok dengan tugas guru. Contohnya mengajar dan mendidik.

Kepribadian adalah keseluruhan dari individu yang terdiri dari unsur psikis dan fisik. Setip guru mempunyai pribadi masing – masing sesuai ciri –ciri pribadi yang dimiliki. Ciri – ciri inilah yang membedakan guru dari guru yang lainnya.  Kepribadian sebenarnya adalah suatu masalah yang abstrak, hanya dilihat lewat penampilan, tindakan, ucapan, cara berpakaian, dan dalam menghadapi persoalan.

Didalam kompetensi ini seorang guru harus punya beberapa hal yaitu:

  1. Harus matang.

Harus matang disini maksudnya seorang guru harus bisa mengatur emosi yang kadang kala didalam suatu kelas siswa lagi tidak menghargai seorang guru disaat seorang guru lagi mengajar malah siswanya ngomong sendiri tanpa memperhatikan seorang guru tadi lagi mengajar. Jika seorang guru tadi sudah bisa mengatur emosinya, otomatis pasti nantinya tampil enak dan menyenangkan dan nantinya dengan secara tidak langsung seorang siswa nanti akan sadar bahwa yang selama ini dilakukannya ternyata salah sehingga nantinya siswa akan merubah sikapnya dengan menghargai gurunya walaupun tanpa dikasih tau oleh seorang guru bahwa yang dilakukan siswa selama ini itu salah.

  1. Harus matang secara akademik.

Harus matang akademik disini maksudnya seorang guru harus bisa menguasai ilmu.bukan hanya semata – mata secarik kertas(ijazah) yang didapat. Karena ijazah merupakan suatu bukti, bahwa pemiliknya telah mempunyai ilmu pengetahuan dan kesanggupan tertenu yang di perlukannya untuk suatu jabatan. Karena nantinya disaat mengajar seorang siswa kadangkala bertanya kepada guru, jika nantinya guru tidak bisa bisa menjawab pertanyaan siswa, otomatis siswa tadi  pasti merasa kecewa terhadap seorang guru tadi. Sehingga nantinya terjadi sebuah kata” tidak ada gunanya bertanya sama guru karena kenyataannya tidak bisa menjawabnya”.nah, disinilah seorang guru harus dituntut untuk menguasai ilmu agar nantinya bisa mengantisifasi hal-hal yang bisa mengecewakan siswa.

 

  1. Kompetesi sosial

Yaitu kemampuan untuk melakukan hubungan(human relation) dengan sesama. Maksudnya seorang guru harus selalu melakukan hubungan sesama dengan cara menjalan kan silaturrahmi baik sesama guru,murid, tetangga dan bahkan masyarakat disekitarnya, agar nantiya bisa terbentuk sebuah kekeluargaan sehingga kegiatan silaturrahmi ini tadi akan menjadi contoh bagi orang lain karena seorang guru itu bisa dijadikan titik pandang bagi orang lain.

  1. Kompetensi profesional

Yaitu kemampuan yang berkaitan dengan pekerjaannya yang diperoleh melalui pendidikan yang sangat lama. Suatu contoh guru.sebagai suatu profesi menuntut kepada guru untuk mengembangkan profesionalitas diri sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. maka tidak semua orang bisa menjadi guru tanpa adanya pendidikan yang lama karena dengan pendidikan tadi seorang guru dididik betul untuk menjadi seorang guru. Lain halnya dengan pekerjaan, suatu misal tukang parkir, memang itu merupakan sebuah pekerjaan tapi itu tidak dikatakan dengan profesi karena semua orang bisa melakukan nya tanpa melalui pendidikan yang lama.

 

 

 

  1. Kompetensi pedagogi

Yaitu kemampuan seorang guru dalam bidang pendidikan atau kemampuan seorang guru dalam mendidik atau mengajar. Mendidik, mengajar, dan melatih anak didik merupakan tugas guru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s